Cara mengecek kerusakan koil motor dan mobil dilakukan caranya dengan yang sama. Yang yang pertama dilakukan adalah memeriksa dahulu apakah busi memercikan bunga api ataupun tidak, dan usahakan juga komponen-komponen yang lain di sistem pengapian seperti CDI bekerja dengan benar. Kalau busi tidak memercikan bunga api dan komponen sistem pengapian lainya tidak ada masalah, jadi kerusakan bisa terjadi di Koil pengapian. Oleh karena itu lakukan pemeriksaan yaitu.
- Koil pengapian di mobil ternyata di dalamnya ada 2 kumparan yakni kumparan primer dan kumparan menengah. Keduanya saling berhubungan untuk hasilkan tegangan tinggi yang akan dihasilkan dari proses induksi listrik. Maka dari itu cek tahanan pada ke-2 kumparan tersebut menggunakan multimeter. Putar selektor dengan posisi 1 kali ohm.
- Kalibrasi multimeter tersebut caranya dengan hubungkan probe + dan probe - dan setlah jarum pada angka 0. Memeriksa tahanan kumparan primer koil caranya dengan mengkoneksikan probe (-) multimeter ke terminal (-) koil dan probe (+) multimeter ke terminal (+) koil.
- Nanti memeriksa tahana kumparan sekunder yang caranya dengan hubungkan probe (+) multimeter ke terminal (+) dan probe (-) multimeter ke terminal tegangan tinggi.
- Spesifikasi tahanan primer koil pengapian adalah 1,3 sampai 1,6 ohm dan tahanan kedua koil pengapian adalah 10,,7 untuk 14, 5 K ohm. Membandingkan hasil pengukuran dengan spesifikasi, kalau tidak sesuai lalu koil pengapian perlu diganti. Untuk lebih detilnya melihat gambar cara cek pengapian berikut.
Bagaimana lebih mudah bukan untuk mengecek kerusakan pada koil pengapian ? Kalau koil kendaraan anda mengalami kerusakan, lalu anda dapat menggantinya dengan yang baru dengan banyak terjual di pasaran. Harga koil pengapian ini bermacam-macam ada yang ratusan ribu ada pula yang juta bergantung merek dan kualitasnya.
0 Response to "Cara Cek Kerusakan Koil Pengapian Dengan Mudah"