Kopling adalah sebuah komponen yang berada dalam kendaraan dan berguna untuk untuk memutuskan dan menghubungkan putaran mesin ke transmisi. Salah satu komponen dari kopling adalah kampas kopling. Karena komponen yang satu ini selalu bergesekan maka selama berjalanya waktu akan aus. Keausan pada kampas kopling berpengaruh pada kehilangan tenaga atau lost power. Hal ini disebabkan karena putaran dari mesin ini belum sepenuhnya diteruskan ke transmisi karena selip disebabkan oleh keausan pada lapisan kampas kopling tersebut. Nah salah satu ciri kalau kampas kopling telah aus adalah tarikan mesin terasa “nggembos” pada putaran tinggi. Jika kampas kopling motor anda sudah tipis maka harus langsung diganti. Anda bisa bawa ke bengkel terdekat atau bisa menggantinya sendiri dengan sebagai berikut.
src="https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5XOSamTmRrs8hM9zyiJ-CKAJZMUtuqyxxAbXPGg6Uc3SoyU1dGrpf6FTmguSb5wk_14RND4VR3Fv8aQzbDcV-ZJ9PZ_JvLlowiwczyN11nnyDSPnJjs9h-ffINqCK1_Lqvov24BAm0c8/s320/Cara+Mengganti+Kampas+Kopling+Motor+Sendiri.png" title="Begini Cara Mengganti Kampas Kopling Motor Sendiri" width="320">
Mengganti kampas kopling motor sebetulnya sangat mudah. Lebih dulu mengeluarkan oli caranya bukalah baut tap. Begitu oli sudah dikuras habis lalu lepaskan bak kopling menggunakan kunci T (umumnya T-10). Tapi lepaskan dulu kick starter dengan melepas baut penguncinya. Sesudah bak kopling tersebut sudah dilepaskan maka akan tampak 2 lingkaran adalah kopling utama dan kopling ganda/sentrifugal (di sepeda motor bebek). Kemudian lepaskan alat pemindah daya tersebut, caranya lepaskan baut penguncinya yang umumnya terdiri dari 4 sampai 6 buah. Begitu baut itu sudah dilepas kemudian rangkaian yang termasuk pegas atau per, mangkuk penekan, plat penekan bersama dengan kampas koplingnya sudah terurai.
Tapi yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cara melepas baut pengikat tersebut. Pasalnya baut-baut tersebut tertekan oleh pegas jika selanjutnya tidak dilakukan secara benar, maka bisa jadi baut bisa dol. Bahkan mungkin baut jadi patah. Cara ini sebetulnya sangat mudah yaitu dengan mengendorkan baut-baut tersebut hingga merata ini berarti tidak melepasnya satu demi satu. Kendorkan 1 baut dahulu (sedikit saja) lalu kendorkan baut selanjutnya secara menyilang. Sehingga kekuatan pegas yang menekan baut-baut tersebut tidak membuat berat sebelah. Lalu jika seluruh baut sudah terlepas perhatikan pada konstruksinya supaya dalam pemasangannya di lain waktu tidak mengalami kesulitan. Kemudian cukup mengganti kampas koplingnya dengan kampas kopling yang baru.
0 Response to "Begini Cara Mengganti Kampas Kopling Motor Sendiri"